Pray for Luwu

Hadirkan Prof. H. Mansyur Ramli, Kuliah Umum Diikuti Ratusan Mahasiswa S2 Pascasarjana Unanda

$rows[judul]

PALOPO, KLIKNUSANTARA.COM | Program Pascasarjana Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo hadirkan Prof. H. Mansyur Ramli yang juga Ketua Dewan Pembina Yayasan To Ciung Luwu sebagai narasumber dalam kuliah umum yang diselenggarakan secara virtual pada Sabtu sore (20/4/24). 


Kuliah umum yang diselenggarakan jelang pembukaan semester genap Program Magister Pascasarjana Unanda tahun 2024 itu, mengangkat tema 'Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi: Peluang dan Tantangan Di Era Industri 6.0'. 

Dalam pemaparannya, Prof. Mansyur Ramli yang Pernah Memimpin BAN PT di Indonesia itu mengulas kemajuan teknologi dalam kaitan dunia pendidikan yang menurutnya sudah memasuki level 6.0 atu disebutnya fase metaversity. 

"Jika sebelumnya, dalam dunia pendidikan sejumlah perguruan tinggi telah mengkalaim telah berada pada fase Digital / Smart Universiti, maka saat ini sesungguhnya sudah masuk pada fase metaversity," ungkap dan Profesor. 

Fase metaversity dalam pemaparan itu menggambarkan suatu kondisi pendidikan yang sepenuhnya bersandar pada ranah virtual yang berbasis sepenuhnya dengan Artificial Inetelegence. Situasi yang tidak lagi berpatokan pada kehadiran fisik semata. 

Dalam kesempatan itu Prof. Mansyur Ramli menayangkan adegan vidio yang menggambarkan sebuah lembaga pendidikan bersifat virtual yang bangunan gedung bersifat artifisial pun demikian dengan mahasiwa dan dosen adalah sosok yang digambarkannya sebagai avatar. Untuk itu Prof. Mansyur mengingatkan kepada pihak Unanda agar tidak terlalu fokus pada aspek fisik bangunan, karena kecenderungan semua itu memgarah pada bentuk virtual. 

Tentu dalam pemikiran awam, pemaparan Tokoh Pendidikan UMI Sulawesi Selatan itu masih susah diterima akal. Namun pemaparan yang dilandasi pengetahuan yang mendalam dan luas, mendapat sambutan yang antusias dari Ratusan Mahasiswa Pascasarjana Prodi Hukum, Pertanian dan Perikanan Unanda.



Kuliah umum yang dimoderatori Direktur Pasacasarjana, Dr. Kasmad Kamal, SIP., MSi., diikuti secara seksama oleh para audience hingga menjelang waktu Magrib waktu bagian Palopo (WITA). Tak terasa hampir 2 jam berlangsungnya kegiatan tersebut. 

Saking antusiasnya mahasiswa merespon perkuliahan itu, Prof. Mansyur Ramli menyarankan agar diadakan seminar yang mengadirkan para pakar yang kompeten untuk membahas kemajuan teknologi secara lebih luas. 

Sementara itu dalam kesempatan kuliah umum tersebut, hadir juga Rektor Unanda, Dr. Ir. H. Annas Boceng, MSi disertai Wakil Rektor I, Dr. Sukriming Sapareng, SP., MP., IPM., dan Wakil Rektor IV, Dr. Abdul Rahman Nur, SH., MH. Hadir juga Kepala Program Studi Magister Hukum yang juga Dekan Fakultas Hukum Unanda, Dr. Haedar Djidar, SH., MH. 

Rektor Unanda dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan tersebut. Pada kesempatan itu juga disampaiknnya sebagai laporan kepada Ketua Pembina Yayasan jika Pascasarjana Unanda semester ini membuka Prodi baru, S2 Ekonomi dan Kewirausahaan yang telah mendapat ijin operasional dari Kementerian Dikbudristekdikti. 

"Insya Allah suda melakukan penerimaan karena telah mendapat ijin operasional dari Kementerian," ungkap Sang Rektor.

Sesuai laporan Direktur Pascasarjana, jumlah calon mahasiswa S2 Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan saat ini telah mendaftar belasan dari lebih Seratusan Mahasiswa S2 angkatan III Pascasarjana Unanda. 

Jika melihat perkembangan berdasarkan minat peserta S2 Pascasarjana sesuai laporan Direkturnya, Dr. Kasmad Kamal, Rektor H. Anas Boceng optimis untuk jumah mahasiswa S2 Pascasarjana Unanda akan tembus di angka 500 orang dalam waktu dekat ini..... (Mrf). 

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)