Pray for Luwu

Jenderal Bintang 6, Ini Sosok dan Asal Negaranya

$rows[judul] Keterangan Gambar : Tangkapan layar YouTube.
JAKARTA, KLIKNUSANTARA.COM | Jenderal kehormatan baru saja dianugerahkan Presiden Joko Widodo kepada Letjend (Pir). Prabowo Subianto, saat ini menjabat Menteri Pertahanan Republik Indonesia.

Penyematan Jenderal Kehormatan itu berlangsung dalam prosesi khusus di Istana Negara belum lama ini. Sontak penambahan Satu bintang melengkapi Tiga bintang sebelumnya di pundak mantan Pangkostrad TNI AD itu. 

Ada yang mempertanyakan urgensinya, ada pula yang mempertanyakan alasan dibalik penyematan Jenderal Kehormatan tersebut. Meski menuai pro kontra, penyematan berjalan terus. 

Prabowo Subianto, perwira yang pernah dicopot dari keanggotaan TNI, kini menyandang Jenderal Kehormatan dengan Empat Bintang di Pundak. Namun jumlah Empat Bintang berderet itu, banyak yang menayandangnya. Lain halnya dengan perwira militer yang berkpul Lima Bintang di pundaknya 

Ya, itu Jenderal Besar namanya. Dalam catatan yang ada, hanya 8 orang yang mendapatkan Lima Bintang bergelar Jenderal Besar itu di muka bumi ini. Tiga orang diantaranya dari Indonesia dan Lima dari US Army. 

Di Indonesia, yang pertama menyandang Jenderal Besar itu adalah Panglima Besar Sudirman. Tokoh besar legendaris militer Indonesia. Dua orang lainnya adalah Jenderal Abdul Haris Nasution dan Jenderal HM. Suharto pada tahun 1997.

Dalam dunia militer sendiri, Jenderal Besar atau Jenderal dan Marsekal Bintang Lima merupakan pangkat tertinggi. Pangkat ini dianugerahkan kepada seseorang yang memiliki jasa luar biasa terhadap bangsa dan negaranya. 

Namun, siapa sangka Jenderal Bintang Lima bukanlah pangkat yang tertinggi dalam sejarah kemiliteran. Ternyata ada perwira yang mendapatkan Jenderal Bintang Enam. Hanya ada 1 orang saja di dunia ini yang berhasil meraih pangkat tersebut.  

John Joseph Pershing, ya. Ia adalah satu-satunya perwira tinggi dengan pangkat Jenderal Bintang 6. Orang Amerika Serikat yang dipromosikan menjadi jenderal pasukan. 

Melansir Viva.co.id, Pershing menyetujui memilih lencana sendiri. Namun, ia memilih memakai empat emas untuk membedakan dirinya. Ia diketahui membawahi 2 jenderal bintang lima. Akhirnya, Angkatan Darat AS secara tidak resmi menganggap Pershing sebagai Jenderal Bintang Enam. 

Namun sayang, pada 1948 ia meninggal dunia sebelum lencana yang diusulkan bisa dipertimbangkan dan diterima Kongres..... ****.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)