Jaga Keindahan, Babinsa Penajam Mengajak Warga Bersih-bersih Pantai

Kliknusantara.Com [PENAJAM] – Sebagai wujud kepedulian atas kelestarian lingkungan dan pentingnya kehidupan yang bersih, sehat dan indah, bersama dengan masyarakat Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0913- 01/Penajam Kodim 0913/PPU menciptakan pantai Tanjung Jumlai di Kecamatan Penajam Kabupaten PPU menjadi bersih dari sampah, Sabtu (27/6/2020).

Menurut Babinsa Kelurahan Tanjung Tengah Serda Herry, kegiatan tersebut dilakukan untuk menjaga kebersihan di sekitar pantai supaya kelihatan bersih dan indah dipandang mata. Tidak dipungkiri, saat ini dimusim penghujan banyak sampah di sekitar pantai terlihat banyak dan kurang sedap dipandang mata.

Ia menambahkan, pembersihan sampah dilakukan untuk memberikan edukasi yang baik supaya masyarakat sadar dan tidak membuang sampah di tepi pantai, karena akan terkesan kumuh dan kotor.

Jika hal ini dibiarkan terlalu lama, maka dampak yang ditimbulkan akan semakin memperihatinkan. Sebagai Babinsa harus bisa mengajak warga untuk bersama-sama menjaga kebersihan pesisir pantai supaya terlihat bersih, indah, nyaman dan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

“Kegiatan ini merupakan kewajiban setiap anggota TNI sebagai contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan masyarakat disekelilingnya sesuai dengan yang tercantum dalam Delapan Wajib TNI”, jelasnya.

Lanjutnya,“Pembersihan yang dilakukan di pesisir pantai ini juga merupakan salah satu upaya untuk membantu masyarakat sekitar dalam memperoleh tambahan penghasilan, karena dengan terjaganya kebersihan, keindahan dan keasrian pantai dapat menarik lebih banyak pengunjung untuk berwisata di Pantai.

Dengan berkembangnya sektor pariwisata maka akan semakin banyak pengunjung yang datang sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk membuka usaha yang pastinya akan menambah pemasukan ekonomi warga,” tambah Serda Herry.

Ditempat terpisah, Kapten Inf Imam S selaku Danramil
Penajam mengungkapkan apresiasi yang tinggi atas peranan anggotanya Babinsa dalam mengajak warga untuk membersihkan lokasi wisata Pantai Tanjung Jumlai yang berada di kawasan Kelurahan Tanjung Tengah, sehingga kebersihan keindahan dan keasriannya selalu terpelihara.

“Diharapkan dengan kegiatan ini masyarakat sekitar lokasi pantai dapat tergugah untuk selalu menjaga dan memelihara lokasi Pantai sehingga selalu dapat menarik minat pengunjung untuk menjadikannya sebagai salah satu lokasi pilihan dalam berwisata,” harapnya.

Ditengah situasi pandemi Covid-19, para pengunjung Pantai harus mengikuti protokol kesehatan. Begitu juga aturan new normal yang akan diterapkan Pemkab juga harus dipatuhi oleh seluruh pengunjung sehingga potensi penyebaran Covid-19 dapat dicegah semaksimal mungkin.

Sumber Penrem 091/ASN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Hentikan Akrobat Politik RUU HIP, Dradjad Wibowo: Fakta Semua Fraksi Loloskan Pembahasan

Sat Jun 27 , 2020
Kliknusantara.Com [Jakarta] – Akrobat politik terkait Rancangan Undang-undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) agar segera dihentikan. Pernyataan itu disampaikan Ketua Dewan Pakar PAN Dradjad Wibowo di Jakarta, Sabtu (27/6/2020). Menurutnya, jika memang menolak RUU HIP sebenarnya anggota DPR bisa melakukannya di sidang paripurna, hanya dengan memencet mic atau berdiri menyatakan […]