Desanya Tak Diperhatikan, Kades Puse: Jangan Nanti Butuh Suara Baru Datang

Rabdin NR. DG. Pattobo, Kepala Desa Puse Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah.

Kliknusantara.com [Puse-Tolitoli] Kepala Desa Puse Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Tolitoli, Rabdin NR. DG. Pattobo, menyindir para pengambil kebijakan yang mengendalikan politik anggaran di Kabupaten Tolitoli terkait tak adanya perhatian pembangunan ke desanya.

Menurutnya, sejak dari era Presiden Soeharto sampai dengan saat ini jalan yang menuju Desa belum lama mekar itu tak pernah mendapat sentuhan pembangunan. Akses menuju dan keluar yang melewati Desa Bangkir sepanjang ±9 km belum ada perbaikan.

Padahal menurutnya, potensi yang ada di desanya sangat melimpah. Produksi hasil pertanian dan perkebunan boleh di bilang semua tersedia. Hasil Kelapa, Cengkeh dan Padi Sawah semua cukup menunjang.

Ia pun mempertanyakan kenapa Pemerintah Kabupaten tidak pernah melihat itu sebagai pertimbangan mendorong anggaran pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan.

“Berbicara tentang pajak, setiap tahun mendapat penghargaan dari Bupati, tapi kenapa semua itu tidak bisa menjadi tolak ukur untuk pembangunan akses jalan menuju desa kami,” ungkap Kepala Desa Puse saat menerima kedatangan awak media ini di kediamannya Senin (6/7/2020).

Kepala Desa yang dikenal tanpa tedeng aling-aling itu menilai para pemimpin daerah baik Eksekutif maupun Legislatif masih menggunakan politik balas jasa. Bersifat diskriminatif. Hanya memperhatikan pendukung politiknya.

“Sepertinya hukum politik masih berlaku di Kabupaten Tolitoli. Desa yang tidak bisa menyumbang suara terbanyak untuk kandidat yang terpilih baik itu Legislatif atau Bupati tidak akan pernah melirik Pembangunan jalan di desa kami. Bahkan sifatnya cuek,” ungkap Radding.

Menurutnya perilaku demikian menunjukkan tidak dewasa secara politik dan tidak siap berdemokrasi dimana rakyat tidak bisa dipaksa memilih diluar kehendaknya. Padahal ketika sudah duduk mereka menjalankan amanat demokrasi dan memiliki kewajiban untuk memperhatikan hak dasar rakyat apakah yang memilihnya atau yang tidak memilihnya.

“Saya selaku Kepala Desa Puse meminta perhatian dari pemerintah kabupaten Tolitoli, Anggota Legislatif sebagai wakil Rakyat, jangan hanya basis suara di desa lain yang kalian perhatikan. Kami juga butuh jalan yang layak seperti desa-desa lain yang ada di Kabupaten Tolitoli,” cetusnya…….(Hais)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − nine =

Next Post

Kapolda Jambi dan Pangdam Sriwijaya Hadiri Apel Siaga Karhutla Pemprov. Jambi

Mon Jul 6 , 2020
Kliknusantara.Com [Jamb] – Pemprov. Jambi gelar apel siaga kebakaran hutan dan lahan yang dipimpin PJ. Sekretaris Provinsi (Sekprov) Jambi, Sudirman di distrik VII PT Wira Karya Sakti, Senin (06/07/2020). Apel siaga dan pelatihan bersama pengendalian kebakaran hutan dan lahan itu dihadiri langsung Kepala Kepolisian Daerah Jambi, Irjen Pol Firman Santyabudi […]