Lagi, Pencairan ADD Kab. Tolitoli Tak Kunjung Ada Kejelasan. Begini Kata Kades Malulu

Kliknusantara.Com [Tolitoli-Sulteng] – Belakangan ini sepertinya telah menjadi kebiasaan dan tradisi di Tolitoli, pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) tak tepat waktu. Padahal ADD menjadi napasnya para Kades beserta aparatnya. Operasionalisasi pemerintahan desa dan juga gaji maupun tunjangan aparatur di desa sangat bergantung pada ADD itu.

Seperti sebelumnya pada pencairan pertama tahun ini, ADD di Tolitoli lagi-lagi terlambat. Pencairan Tri Wulan II belum juga direalisasikan meski Bulan Juli segera berakhir.

Setidaknya hal itulah yang menjadi kegelisahan sejumlah Kades di Kota Cengkeh. Dalam ungkapan mereka, kalau ini yang tidak cair serasa dunia tidak lengkap, kemudian keuangan pribadi akan terjadi gali lobang tutup lobang dengan kata lain lebih banyak utang daripada gaji yang dibterima nanti terlebih lagi kalau pencairanya lambat seperti sekarang.

Kades Malulu, Ahmad Latengge menuturkan kepada media Kliknusantara.com belum la ini, di Malulu mengaku bingung berkenaan belum adanya kejelasan jadwal pencairan ADD. Banyak kebutuhan Desa termasuk gaji aparatnya yang mendesak.

“Kita bingung ini pak tidak adanya kejelasan cairnya ADD, harusnya bulan ini sudah cair namun sampai hari ini belum ada waktu yang jelas di keluarkan BKD terkait pencairan ADD,” ungkap Ahmad.

Menurut Ahmad, selain untuk operasionalisasi pemerintahan, penghasilan aparatnya juga bergantung pada ADD.

“Kebutuhan rumah tangga tiap harinya meningkat. Nah kalau ADD belum cair bukan yang terjadi gali lobang tutup lobang saat terima gaji cuma abis di pake bayar utang,” tuturnya.

Dikatakan Ahmad, menjadi dilema baginya untuk menerapkan kebijakan penyelenggaraan pemerintahan oleh aparatnya sementara hak mereka belum diberikan. Kebutuhan hidup memaksa mereka untuk berusaha mencari pendapatan lain. Dampaknya tentu pada kinerja mereka di kantor. Demikian pula kinerja pembangunan di desa dipastikan terpengaruh.

“Keluhan seperti ini juga terjadi sama kawan-kawan Kades yang ada di Dondo khususnya dan pada umunya seluruh kades di Tolitoli. Mereka juga berharap ADD segera dicairkan,” tutur Ahmad……(Abi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Masa New Normal, Angkringan Lembayung Purwakarta Tetap Diburu Penggemarnya

Wed Jul 29 , 2020
Kliknusantara.com [Purwakarta -Jabar] – Dalam Masa Pandemi hingga masa new normal, Angkringan di Purwakarta ini justru diburu para pelanggan. Sebut saja Angkringan Lembayung yang beralamat di Kampung Sukamulya. Tepatnya di Rt. 04/Rw. 06 Kelurahan Ciseureuh Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta. Angkringan ini seolah tak terpengaruh oleh masa sulit saat ini. Dalam […]