Sawah Kekeringan 5 Tahun, Kades Bambapula Pake Dana Desa Bangun Sumur Bor

Titik lokasi sumur bor yang dibangun Pemdes Bambapula untuk pengairan sawah yang mengalami kekeringan selama 5 Tahun

Kliknusantara.com |BAMBAPULA – Petani sawah Bambapula yang alami kekeringan selam 5 tahun akibat tak adanya sumber pengairan, kini mulai sedikit bernapas.

Kendala mereka bertahun-tahun itu kini terjawab dengan adanya Sumur Bor lengkap dengan mesin pompa air. Sumur bor itu dianggarkan melalui Dana Desa Bambapula sebesar Rp 165.000.0000 dalam APBDes 2019.

Keterangan terkait alokasi anggaran Dana Desa untuk sumur bor itu disampaikan Aidil Abidin, Kades Bambapula saat menerima Tim Liputan Desa Membangun media ini di kediamannya belum lama ini

“Kalau bantuan dari desa, pembuatan sumur suntiknya di tahun 2019 dengan kedalaman 100 M dengan anggaran Rp. 165.000.000. Itu sudah beserta dengan mesin pompa dan peralatan lainya,” ungkap Aidil pada Jum’at (18/9/2020).

Dikatakjan Kades, selain dari Dana Desa, yang dianggarkan melalui DD tahun 2019, Desa Bambapula dan satunya lagi bantuan dengan kapasitas yang sama dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tolitoli pada Bulan Juli 2020 ini.

Menurut Aidil, proses saat ini masih tahap uji coba. Masih perlu dipelajari lebih jauh terkait kemapuan alat dan ketersediaan air bawah tanah serta kemungkinan dampak negatif yang ditimbulkannya.

“Kedua sumur suntik ini sudah pernah dicoba dan Alhamdulillah berfungsi. Namun pembuatan kedua sumur suntik ini masih di tahap uji coba kita belum bisa pastikan dampak negatif dan positifnya untuk mengetahui semua itu butuh waktu pengujian selama satu tahun,” terang Aidil.

“Kalau pengujian kedua sumur suntik ini hasilnya sesuai dengan apa yang kami harapkan maka kami dari Pemdes Bambapula bersiap menganggarkan kembali melalui Dana Desa dengan menambah 8 titik sumur suntik beserta mesin pompanya,” tandas Kades.

Kepada mewdia ini, Aidil berusaha mewujudkan kendala yang dihadapi petani Bambapula untuk mengembalikan kejayaan sawah yang dulu sangat produktif.

Langkahnya itu merupakan upaya untuk kesejahteraan petani sawah di Desa Bambapula…….(Abi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + eleven =

Next Post

Kerontang 5 Tahun, Kini Hamparan Sawah Bambapula Berangsur Mulai Menghijau

Mon Sep 21 , 2020
Kliknusantara.com |BAMBAPULA – Hamparan sawah di Desa Bambapula berangsur menghijau. Petani sawah mulai menggarap sawahnya setelah 5 tahun terakhir tak berproduksi. Kini untuk beberapa luasan sawah mulai terlihat menghijau dengan tanaman padi. Nampak suasana sawah yang dulunya sangat produktif di wilayah kecamatan Dampal Utara itu kembali sedia kala. Adalah prakarsa […]