Tokoh Muda NTB Apresiasi Pilot Proyek Bank Pakan Kementan RI di Lombok Tengah

Tokoh muda NTB, Azwar Muhammad

Kliknusantara.com | JAKARTA – Langkah Kementerian Pertanian (Kementan) RI meluncurkan pilot projek Bank Pakan di Lombok Tengah, NTB, disambut positif dan diapresiasi tokoh muda NTB, Azwar Muhammad.

Menurutnya, projek Bank Pakan itu akan lebih mendorong peran strategis NTB dalam menentukan pasokan pakan nasional. Para petani yang selama ini telah menggeluti produksi bahan pakan di NTB akan lebih fokus dan bergairah.

Kepada media ini, Azwar yang juga andil dalam jaringan bisnis pakan nasional ini mengatakan, kementrian telah menunjukkan komitmennya untuk mendukung petani NTB.

“Langkah dan pilhan Kementan RI menjadikan NTB dan Lampung sebagai lokasi Pilot Projek adalah langkah tepat sasaran. Karena dua daerah ini dikenal penghasil pakan ternak terbesar di luar pulau Jawa,” kata Azwar.

Dalam pandangan Tokoh Muda NTB kelahiran Dompu ini, masyarakat
NTB mendapat kehormatan secara nasional karena menjadi pilot projek program bank pakan. Menurutnya ini hal positif bagi kesejahteraan petani dan peternak di NTB.

“Dengan program itu peluang bagi masyarakat NTB untuk lebih maju dan meningkat produktifitasnya pertanian dan peternakannya sekaligus mengukuhkan NTB menjadi salah satu lumbung pangan nasional,” tandasnya.

Azwar pun mendorong agar program bank pakan itu nantinya berbasis kawasan desa. Sebab umumnya desa di NTB memiliki aktifitas pertanian dan peternakan. Sehingga program itu betul-betul mengakselerasi produktifitas petani maupun peternak.

“Kita berharap kedepan Bank Pakan di kembangkan berbasis kawasan desa, misalnya 1 desa 1 Bank Pakan,” imbuhnya.

Dalam pemberitaan media ini sebelumnya, Bank Pakan diinisiasi Kementan RI melalui Dirjen PKH. Bank Pakan sebagai solusi ketersediaan pakan ternak sepanjang tahun.

Dengan demikian dapat mendukung kesuksesan program peternakan yang memperkuat ketahanan pangan melalui penyediaan protein hewani asal ternak.

“Hampir 70 persen kesukseskan program peternakan tergantung kesiapan atau ketersediaan pakannya. Oleh karena itu inovasi Bank Pakan dibangun untuk menjamin ketersediaan pakan ternak sepanjang tahun,” ujar Nasrullah, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementan RI, Senin (23/11).

Ia menambahkan, program ini juga harus menjadi gerakan massif bagi para petani dan peternak di tengah masyarakat. Lantaran, menurut dia Bank Pakan ini bisa menjasi solusi karena merupakan komoditas baru yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyrakat petani dan peternak.

“Tapi, harus diikuti oleh peningkatan populasi ternak dan peningkatan produksi pakan dalam memenuhi kebutuhan ternak. Maka itulah fungsi Bank Pakan,” ucap Nasrullah.

Peluncuran Bank Pakan di wilayah NTB kepada Kelompok Tani Ternak Bumbang Wetan di Desa Mertak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah.

Direktur Pakan Kementan RI, Makmun, mengatakan dipilihnya Desa Martak menjadi lokasi pilot projek karena desa yang kaya akan sumber pakan…… []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 5 =

Next Post

Gedung BUMDes Rampung, Kepala Desa Ogomatanang: Beroperasi Mulai 2021

Sat Nov 28 , 2020
Kliknusantara.com | LAMPASIO – Pembangunan Gedung BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) telah rampung dilakukan Pemerintah Desa Ogomatanang Kecamatan Lampasio Kabupaten Tolitoli. Untuk memulai operasinya, gedung BUMDes itu tinggal menunggu meteran dan suplay aliran listrik PLN. Jaringan instalasi listriknya sudah terpasang. Kepala Desa Ogomatanang, Usman, mengungkapkan hal itu di kantornya saat […]

Teratas

Contact Us