May 22, 2020

Terkait Solat Idul Fitri, Begini Himbauan Satgas Covid-19 Kecamatan Dondo

Rombongan Camat Dondo, Idham Halisin beserta unsur Forkopimca yang turun ke desa-desa menghimbau warga tak melaksanakan sholat Iedul Fitri di Masjid maupun Lapangan berkenaan penyebaran Covid-19, Kamis 21 Mei 2020

Kliknusantara.com [Dondo-Tolitoli] – Terkait perayaan Idul Fitri 1441 H, tahun 2020 yang tinggal hitungan hari dilaksanakan, Rombongan Relawan Satgas Kecamatan Dondo turun ke masyrakat memberikan himbauan berkenaan pencegahan Covid-19, Kamis (21)5/2020).

Himbauan di sampaikan langsung dengan turun ke desa-desa yang ada di Kecamatan Dondo. Rombongan yang dipimpin Camat Dindo, Idham Halisin, SPd., terdiri dari Kapolsek Dondo, Danramil 1305/04 Dondo, Kepala Puskesmas Dondo dan Kepala KUA Kecamatan Dondo.

Rombongan yang turun ke desa-desa itu mengendarai mobil operasional Puskesmas Tinabogan yang dilengkapi pengeras suara.

Idham Halisin yang disertai Forkopimca itu menghimbau warga agar untuk kali ini sehubungan merebaknya Virus Corona, untuk tidak melakukan sholat idul fitri baik di masjid maupun di lapangan.

Penyampaian itu dilakukan mengingat jumlah pasien Covid-19 di Dondo sudah terkinfirmasi 3 orang fositif Covid-19 hasil Swab. Belum lagi jumlah ODP dan PDP juga sudah meningkat. Kekhawatiran itu menjadi alasan untuk tahun ini sholat idul fitri di masjid atau di lapangan di tiadakan

“Hari ini kami menyampaikan tentang fatwa ulama untuk pelaksanaan sholat iedul fitri di rumah saja karena mengingat di Kecamatan Dondo ini sudah ada fositif covid-19 hasil dari Swab. Dondo sudah miliki 3 pasien fositif covid -19 lainya lagi dalam keadaan ODP,” terang Idham Halisin saat ditemui di sela kesibukannya menyampaikan himbauan.

“Sesuai dengan fatwa majelis ulama bahwa daerah yang sudah ada ODP dan PDP serta positif Covid-19 maka tidak di benarkan sholat berjamaah Idul Fitri di Lapangan maupun di Masjid. Kita harus melaksanakan di rumah saja bersama keluarga,” tambahnya.

Camat Dondo mengatakan kegiatan ini di laksanakan seluruh unsur pemerintah, Danramil, Kapolsek dan Kepala Kantor Urusan Agama sehingga setiap ada hal hal yang penting maka mereka harus lakukan publikasi demi untuk pemahaman masyarakat dalam kegiatan penanganan virus corona.

“Kegitan ini insya Allah di lakukan di semua desa di Kecamatan Dondo. Tadi kami star dari Tinabogan, Bambapun kemudian masuk ke Ogowele langsung ke Anggasan dan tembus ke Patong kemudian Malala dan masuk lagi ke Malulu dan kembali lagi kesini,” urai mantan Kacab Dinas Pendidikan Kecamatan Dondo itu.


Masih menirut Idham, kegiatan ini di lakukan supaya masyarakat paham hal itu dalam upaya jaga social distancing, fisical distancing. Karena dipastikan akan terjadi kontak antar jamaah……(Abi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *